Kamis, Agustus 06, 2009

pengantar ekonomi makro


Pengertian Ekonomi Makro

Ekonomi Makro adalah bagian dari ilmu ekonomi yang mengkhususkan mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan..

Hubungan yang dipelajari adalah hubungan secara kausal dan fungsional antara variable – variable yang agregatif. Adapun variable – variable yang dimaksud adalah :

a. Tingkat pendapatan nasional.

b. Konsumsi Rumah Tangga.

c. Investasi nasional (swasta/pemerintah).

d. Tingkat tabungan.

e. Belanja Pemerintah.

f. Tingkat Harga – harga umum.

g. Jumlah uang yang beredar (Inflasi).

h. Tingkat bunga.

i. Kesempatan Kerja.

j. APBN.

k. Neraca Pembayaran (Eksport dam Import).

Secara umum ilmu ekonomi (makro dan mikro) dipengaruhi oleh berkembangnya dua mashab yang berasal dari pemikir – pemikir ekonomi, yaitu :

a. Mashab Klasik yang dipelopoeri oleh Adam Smith dan David Ricardo;

lewat buku karangan Adam Smith pada tahun 1776 yang berjudul “An Inquary into the Nature amd Cause ot the Word of the Nstions” yang terkadang disingkat “The Wealth of Nations”. Pada intinya buku ini berisikan tentang bagaimana mengelola perkonomian suatu negara dengan cara bersaing bebas tanpa ada campur tangan pemerintah, pembagian kerja, dam bagaimana mengalokasikan sumber daya secara efisein.

b. Mashab Keynes (terkadang disebut dengan Keynesian)

untuk pemikiran ini dikembangkan dari pemikiran Jhon Maynard Keynes dengan buku yang diterbitkan 1936 dengan judul “General Theory of Employment, Interest and Money” yang berisikan tentang dua hal yaitu :

a. Kritik terhadap pandangan dan teori dari kaum klasik mengenai faktor – faktor yang menentukan perekonomian suatu negara.

b. Sumbangan pemikiran berupa analisis teoritis mengenai faktor utama yang menentukan prestasi kegiatan perekonomian suatu negara.

Mashab Klasik terkenal dengan pemikiran tentang “Laizes Faire, Laizes Fases” (Persaingan bebas), invesibel demand, (Tangan tak kentara), dan “Supply creates its own demand” (penawaran menciptakan permintaannya sendiri). Mashab Keynes terkenal dengan teori Agregat, likuiditas preferensial.



1 komentar:

dimdroid mengatakan...

terima kasih infonya, salam kenal dari saya :)